Kisah Perjalanan Hidup Chairul Tanjung si Anak Singkong

Julukan “Si Anak Singkong” yang di sematkan kepada Chairul Tanjung di karena memiliki latar belakang keluarga yang sederhana. Chairul Tanjung bisa menjadi konglomerat seperti sekarang, bukan karena dia adalah anak pejabat atau berasal dari keluarga orang kaya. Dia adalah anak dari keluarga biasa dan nasib saat kecilnya seperti kebanyakan orang pada umumnya.

Kisah Perjalanan Hidup Chairul Tanjung si Anak Singkong

Keterpurukan Chairul Tanjung dan keluarga berawal ketika pemerintah mengeluarkan sebuah kebijakan yang membuat usaha koran ayah Chairul gulung tikar. Chairul dan seluruh keluarga terpaksa harus pindah dari rumah yang mewah dan nyaman ke sebuah kontrakan sederhana yang berada di pinggiran kota.

Biografi Chairul Tanjung, Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Kehidupannya benar-benar terpuruk karena sang ayah tidak memilki pendapatan. Apalagi di masa itu kondisi sekitar masih belum stabil karena persoalan politik. Ayah Chairul Tanjung akhirnya menjual rumah yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga.

Meski kondisi ekonomi dalam keluarga tidak mencukupi, namun hal ini tidak membuatnya mundur dalam menempuh pendidikan. Tidak sampai disitu, ia pun berhasil mengambil gelar MBA-nya dari Executive Institut Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (IPPM) pada 1993.

Demi membiayai kebutuhan kuliahnya, ia pun berdagang buku-buku kuliah, fotokopi, hingga jasa pembuatan kaos. Pada 1981, Chairul Tanjung berhasil tembus ke Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI).

Biografi Chairul Tanjung

Karena Chairul Tanjung rendah hati dan tidak pernah pilih-pilih teman, dia berhasil membangun jaringan yang membuatnya berhasil mendirikan Para Group. Sekarang kita mengenal Para Group dengan nama CT Corp yang punya banyak anak perusahaan. Salah satunya adalah Transcorp (Trans TV dan Trans 7) yang jadi sumber kekayaan utama Chairul.

Untuk mengorganisir disektor keuangan, Chairul memiliki anak perusahaan bernama “Para Global Investindo”. Disektor multimedia dan investasi, Chairul Tanjung (CT) mendirikan “Para Inti Investindo”, dan “Para Inti Propertindo” disektor properti.

Kini, Chairul Tanjung dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia, dan juga di dunia. Inspirasi kerja keras dan cerdasnya sejak dulu telah membuahkan hasil nyata.